Kamis, 14 April 2011

10 Rahasia Masak Lebih Sehat

  Fitri Yulianti - Okezone
Pilih berbagai jenis sayuran dan buah-buahan dengan ragam warna berbeda untuk memperoleh antioksidan lebih banyak. (Foto: mealtime)
Pilih berbagai jenis sayuran dan buah-buahan dengan ragam warna berbeda untuk memperoleh antioksidan lebih banyak. (Foto: mealtime)
KALAU kebiasaan makan Anda jauh dari menu serat, maka ubahlah sesegera mungkin. Makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, gandum, dan berbagai sumber serat untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Setelah bahan makanan yang Anda pilih sudah sehat, saatnya kini mengolah juga dengan cara sehat. Berikut ini beberapa panduannya, seperti dikutip Eatingwell.

1. Lebih cerdas menggunakan lemak. Tidak semua jenis lemak buruk untuk tubuh. Lemak tidak jenuh dari minyak zaitun ataupun lemak jenuh dari mentega, misalnya, gunakan dalam batas toleran karena semua jenis lemak mengandung sejumlah kalori.

2. Pilih gandum utuh daripada gandum halus. Kulit padi pada gandum utuh, seperti beras merah dan bulgur masih utuh dan karenanya memiliki lebih banyak serat, vitamin B, magnesium, zinc, dan berbagai nutrisi lain.

3. Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Kebanyakan orang tidak mengonsumsi sumber serat tersebut dalam jumlah cukup. Idealnya, konsumsi 5-13 jenis buah-buahan dan sayuran setiap hari. Pilih berbagai jenis sayuran dan buah-buahan dengan ragam warna berbeda untuk memperoleh antioksidan lebih banyak.

4. Protein bukan hanya daging. Daging adalah sumber protein, tapi juga sumber lemak jenuh yang banyak dijauhi pediet. Jadi, makanlah daging, ikan, dan ayam dalam jumlah kecil. Isi sebagian besar piring makan Anda dengan sayuran sehat dan gandum utuh.

5. Pilih produk rendah lemak. Produk makanan kemasan, seperti susu, sour cream, dan yogurt adalah sumber kalsium yang baik. Mengganti produk kemasan whole-milk Anda dengan produk rendah lemak ataupun nonfat adalah cara mudah untuk menghilangkan lemak jenuh dalam menu diet Anda.

6. Menjaga porsi makan. Meskipun kita mati-matian menjalankan program diet, rasanya tetap saja ada kalori yang masuk. Satu cara termudah mengatur pemasukan kalori adalah dengan makan dalam porsi sehat.

7. Gunakan pemanis secukupnya. Berbagai sumber gula, apakah sirup, gula pasir, gula merah, ataupun madu menambahkan sejumlah kalori tanpa tambahan nilai nutrisi bagi makanan Anda.

8. Jaga mata dari sodium. Apakah Anda punya penyakit tekanan darah tinggi atau tidak, rasanya bijak untuk Anda memerhatikan pemasukan sodium ke dalam tubuh. Panduan diet USDA (United States Department of Agriculture) merekomendasikan konsumsi gula sebaiknya kurang dari 2.300 mg (sekira 1 sdt garam) per hari.

9. Rasa juga penting. Tambah cita rasa makanan dengan penambah rasa yang sehat, seperti herbal segar, pedas, dan asam.

10. Nikmati makanan Anda. Membuat keputusan makan secara sadar tentu sangat baik. Pastikan Anda memilih makanan yang memang lezat, selain juga sehat. Saat Anda menikmati apa yang Anda makan, Anda akan merasa puas.
(ftr)

sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar