Senin, 18 April 2011

Promosi blog paling efektif

Posted by Pak Guru at 8:20 PM
Nggak kerasa sudah hampir 2 minggu saya nggak update blog Pak Guru ini. Saat nya update lagi dan sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang masuk ke e-mail saya admin@edisamsuri.com. Ada beberapa pertanyaan yang menayakan tentang cara-cara promosi blog efektif. Walaupun bukan jagonya tentang promosi sebuah blog, tapi Pak Guru mencoba berbagi Cara Promosi Blog Yang Efektif menurut versi Pak Guru. Versi ini didapatkan berdasarkan pengalaman-pengalaman Pak Guru.

1. KONTEN YANG MENARIK DAN BERGUNA

Konten merupakan kunci utama dan juga cara paling jitu untuk mempromosikan sebuah blog. Kenapa saya katakan demikian karena kalau konten blog kita menarik dan berguna untuk pembaca blog kita, maka pembaca tentunya akan datang kembali dan mungkin akan mempromosikan nya ke teman-mereka. Kalau mereka sudah suka dengan isi blog kita, maka mereka pasti akan datang dan datang lagi. Terus bagaimana membuat konten yang menarik dan berguna buat mereka.
  • Konten harus up to date. Konten up to date bisa didapatkan dari banyak hal, misal dari google trend atau popular search in Yahoo.
  • Konten berisi tips, tutorial, atau hal - hal yang memang berguna buat pembaca blog kita. Sehingga saat mereka membaca, mereka mendapatkan apa yang mereka cari. Bukan postingan yang asal-asalan yang tujuannnya untuk update blog atau yang penting blog ada isinya.
  • Konten bukan copy paste. Sebagus apapun postingan tersebut tapi kalau hanya copy paste, niscaya akan membuat pembaca kita malas untuk membacanya. So, cobalah untuk membuat postingan sendiri.
2. E-MAIL SIGNATURE

Saya percaya bahwa kalian sudah memiliki sebuah e-mail atau bahkan mungkin lebih dari satu e-mail, apakah itu di Yahoo, G-mail atau lainnya. Banyak sekali yang tidak menyadari bahwa salah satu promosi yang efektif adalah dengan menggunakan e-mail yang mereka punya. Dengan E-mail Signature, kita bisa mempromosikan blog atau bisnis kita ke mereka yang kita kirimi e-mail. Untuk membuat E-mail Signature, silakan baca caranya disini.


3. MAILING LIST or MILIS

Salah satu fungsi Milis adalah ajang tukar menukar informasi sesama anggotanya. Jika kita menjadi anggota Milis, hampir setiap hari kita menerima email dari anggota lainnya yang berisi informasi yang sesuai dengan Milis yang kita ikuti. Disinilah kita bisa berpromosi sebanyak-banyaknya. Misal satu Milis tersebut memiliki 1000 anggota, maka promosi yang kita kirimkan ke Milis akan terkirim juga ke 1000 anggota milis tersebut. Kalau mereka kemudian tertarik dengan informasi yang kita berikan, tentunya mereka akan mengklik link yang mengarah ke blog kita. Untuk membuat Milis, klik disini.

4. FORUM DISKUSI

Ada ratusan Forum Diskusi di Internet dan kita bisa menjadi member mereka sesuai dengan jenis blog atau bisnis yang kita miliki. Selain bisa berdiskusi dengan anggota lainnya, kita juga bisa mendapatkan backlink gratis untuk blog yang kita daftarkan di Forum Diskusi Gratis tersebut.

5. FACEBOOK
Facebook merupakan ajang pertemanan atau social networking terbesar dan terpopular di dunia saat ini. Selain menjadi ajang pertemanan, kita bisa menggunakan facebook untuk promosi blog dan setiap postingan yang ada di blog kita. Ada beberapa cara promosi blog di facebook, diantaranya:
  • Menuliskan blog kita di kolom informasi
  • Melalui Blog Network
  • Menaruh link blog kita di Group yang kita ikuti.

6. TWITTER
Selain Facebook, Twitter menjadi salah satu media paling ampuh untuk mempromosikan blog dan postingan kita saat ini. Sebelum mempromosikan blog dan postingan kita, pastikan kita sudah memiliki follower yang banyak. Dengan memiliki follower yang banyak maka postingan diblog kita kemungkinan akan dibaca dan mereka akan berkunjung ke blog kita.

7. DAFTARKAN BLOG KE SEARCH ENGINE


Mendaftarkan blog kita ke Search Engine adalah wajib hukumnya. Dengan mendaftarkan blog ke search engine akan memungkinkan blog kita terbaca oleh Search Engine tersebut. Kenapa harus terbaca oleh Search Engine? Ingat bahwa berdasarkan survey yang ada, sekitar 80% pencari informasi di Internet mencarinya lewat Search Engine. Sehingga kita harus membuat blog kita bisa terdeteksi dan dikunjungi oleh mereka. Dari beberapa Search Engine, minimal blog harus di daftarkan pada Google Search Engine dan Yahoo Search Engine.
  • Untuk mendaftarkan blog di Google Search Engine, klik here.
  • Untuk mendaftarkan blog di Yahoo Search Engine, klik here.

8. DAFTARKAN BLOG KE WEBSITE DIRECTORY

Selain Search Engine, website directory juga menjadi tempat wajib bagi sebuah blog untuk di daftarkan. Dengan mendaftarkan blog kita di beberapa website directory, ini akan semakin cepat membuat blog kita terindex di search engine. Ada tiga website directory yang paling tidak jangan di lewatkan:

9. DAFTARKAN BLOG PADA DMOZ DIRECTORY

Dmoz adalah sebuah search engine directory yang sangat terkenal dan menjadi referensi buat search engine lainnya, seperti Google Search Engine, Yahoo Search Engine dan lainnya. Itulah kenapa sebuah blog harus di daftarkan ke Dmoz. Untuk mendaftar di Dmoz, silakan klik disini.

10. DAFTARKAN BLOG KE SOCIAL BOOKMARKING

Social Bookmarking adalah sebuah media online yang digunakan untuk mem bookmark sebuah postingan tertentu yang kita sukai atau kalau ada pengunjung yang suka dengan postingan dari blog kita, mereka bisa mem bookmarknya. Ada banyak sekali social bookmark itu dan berikut di antaranya:
Untuk memasang Social Bookmarking, silakan klik disini.


11. DAFTARKAN BLOG PADA RSS SUBMISSION

Mendaftarkan blog kita pada RSS Submission juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan blog kita. Sebelum kita meng submit blog kita di Rss Sumission tsb, blog kita harus punya RSS Feed nya dulu. RSS Feed bisa di dapatkan dengan mendaftarkan blog kita pada Feedburner. Kalau belum daftar di Feedburner, klik disini untuk membaca panduannya. Kalau blog kita sudah memiliki Rss Feed nya, kita bisa daftarkan ke RSS Submission di bawah ini:
Masih banyak yang lainnya dan silakan Googling..Ok.

12. GABUNG KE BEBERAPA SOCIAL COMMUNITY NETWORK

Beberapa social community network yang harus kita ikuti adalah:
  • Blogcatalog
  • Google Friend Connect (blogger Follower)
  • Mybloglog
13. RAJIN MEMBERI KOMENTAR

Walaupun terkesan sederhana tapi memberi komentar di buku tamu dan postingan pada blog yang kita kunjungi bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mempromosikan blog kita. Kalau kita memberi komentar, maka:
  • Pemilik blog diharapkan akan mengadakan kunjungan balasan dan juga komentar balasan di postingan dan buku tamu kita.
  • Pengunjung blog dari blog yang kita kunjungi mungkin akan mengklik nama kita di buku tamu atau postingan tersebut dan akhirnya berkunjung ke blog kita.

Sudah 13 cara, apalagi ya! Giliran kalian deh yang nambahin soalnya Pak Guru mau ngajar lagi nih..gyeeeeee.

sumber : http://www.edisamsuri.com/2009/08/promosi-blog-paling-efektif.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar